Home » , » Sejarah Berdirinya Exist Band Malaysia

Sejarah Berdirinya Exist Band Malaysia

Sejarah Berdirinya Exist Malaysia. Nama Band Exists adalah salah satu band sebuah band musik yang terkenal dari negara Malaysia. Band ini mulai muncul sekitar tahun 1991. Di awal karirnya Exists memiliki nama Exist. Personel Band Exist di awal karirnya berjumlah 6 orang yakni Mamat sebagai vokalis (13 Tahun), Musa  sebagai pemain bass (19 tahun), Shah sebagai gitaris (17 tahun) Ujang sebagai drumer (18 tahun), Ajai  sebagai pemain keyboard (16 tahun), dan Along  sebagai seorang gitaris (13 tahun). Keenam personel ini berasal dari Johor Baru namun mereka berbeda sekolahan. 

Di awal karirnya Exist dalam naungan perusahaan Jojo's Production. Album pertama Exist berjudul Exist diliris pada tahun 1991. Dalam album tersebut lagu Rahsia Pohon Cemara dan Untukmu Ibu jaadi andalan. Bahkan Album ini meledak dan dicintai penikmat musik di berbagai negara, antara lain: Malaysia, Brunei hingga Indonesia. Album perdana Exist terjual manis hingga lebih 250,000 unit kaset terjual. Dan akhirnya di tahun 1992 Exist mendapat platinum emas berkat penjualan album pertamnya tadi. 

Di tahun 1993 sebelum mereka melakukan rekaman untuk album yang kedua yakni  'Anugerah', salah satu personelnya yakni Shah mengundurkan diri dari Exist dan Exist tinggal 5 personel saja. Pada Album yang kedua Exist ini diterbitkan oleh komposer Mat Penang dan juga Exist sendiri. Dalam Album kedua ini lagu "Janji Padamu" & "Anugerah" jadi andalan. Namun penjualan kasetnya hanya menembus 60 ribu saja. Tapi yang membanggakan Hits Anugrah Ciptaan Along berjaya mendapat penghargaan Juara Lagu Pop Rock di tahun 1994. 


Setelah Album kedua ini nama Exist semakin tenar hingga perusahaan rekaman BMG Music meminang Exist menjadi bagian dari perusahan tersebut. Dan akhirnya Exist pindah ke BMG Music. Kepindahan Exist dari JOJO's Production ke BMG Music menyebabkan mereka harus kehilangan vokalis mereka. Mamat memutuskan diri untuk mundur dari bagian band Exist. Dan selanjutnya mereka mencari vokalis yang baru sebagai pengganti Mamat.

Setelah melalui kontes pencarian vokalis akhirnya Exist menemukan seorang remaja yang bernama  Mohd Rohaizad bin Mohd Lazim alias Ezad. Ezad merupakan remaja berusia 16 tahun yang berasal dari Kedah. Dan akhirnya Ezad menjadi vokalis baru Exist menggantikan Mamat. Album pertama Exist dengan Ezad yakni Diammu Gunung Berapi. Album ini dirilis sekitar tahun 1995. Tak disangka kebersamaan dengan Ezad membuat nama Exist semakin tenar. Salah satu hits di Album Diammu Gunung Berapi ini, Mencari Alasan meledak hingga 600.000 unit. 

Di Album yang keempat ini nama Exist berubah menjadi nama Exists. Di album yang keempat Exists ini berjudul jangan Gentar. Pada Album ini lagi-lagi salah satu personelnya mengundurkan diri. Kali ini Ajai pemain keyboardnya memilih berpindah karir sebagai komposer di sebuah perusahaan rekaman yang lain. Meskipun personel Exists tinggal 4 orang namun tidak menyurutkan langkah Exists dalam meniti karir di dunia permusikan.

Di tahun 1998 Exists mengeluarkan Album yang kelima, yang bertajuk Mutan. Salah satu lagu di Album ini Dirantai Digelangi Rindu yakni ciptaan dari Eddie Hamid. Lagu ini membuat nama Exists semakin berjaya bahkan sampai di Indonesia. Namun di tahun 2000 karir Exists mulai meredup untuk mengembalikan kejayaannya mereka mengeluarkan Album kompilasi yang Best Of Exists. Dalam album itu terdapat dua lagu baru yakni Bunga dan Tak Kubiar ciptaan Musrad penulis lirik yaitu J.S Kevin.

Selepas 2 tahun Exists tidak mengeluarkan Album baru akhirnya di tahun 2001 Exists kembali merilis sebuah Album yang bertajuk Ada. Pada Album kali ini Exists tak lagi bersama BMG Music NAR Records. Lagu yang terkenal pada album Ada ini yaitu: Julia dan Jesnita. Kedua lagu ini sempat membawa nama Exists ke dalam ketenaran. Bahkan Exists wara wiiri konser ke Indonesia.

Di Album yang ke-7 Exists mengeluarkan Album baru yang bertajuk Percayakan Siti. Lagu-lagu di album ini kebanyakan hasil karya dari personelnya. Namun di Album ke-7 ini tak mampu membawa nama Exists kembali berjaya seperti dulu. Dan di tahun 2004 Exists mengeluarkan Album baru dengan judul Paragon. Salah satu lagu andalan di album kali ini “Dengan atau Tanpamu”. Lagu ini merupakan karya dari Aiman Hijjaz. Meskipun begitu nama Exists pun tidak lagi bisa setenar waktu dulu. Mungkin karena kalah saingan dengan pemusik-pemusik pendatang baru saat itu. 

Di tahun 2006 Exists mengeluarkan album ke-8 dengan tajuk Kasih Seharum Mawar ciptaan dari Tam Spider. Namun dengan album baru ini nama Exists juga tidak lagi bisa berjaya. Bahkan sekitar tahun 2007 Ezad sang vokalis memutuskan untuk solo karir. 

Nah itulah sejarah singkat mengenai band Exists asal Malaysia ini. Untuk memeperjelas pembahasan kita berikut ini Album yang dirilis Exists di Malaysia maupun Indonesia.

Album Exists di Malaysia:
  • Album ke-1 Rilis di Bulan Desember 1991 dengan tajuk Exists. Album ini dalam label JOJO's Production. Penjulan pada Album ini lebih dari 250.000 Unit.
  • Album ke-2 rilis di tahun 1993 dengan tajuk Anugerah . Album ini dalam label JOJO's Production. Penjualan dalam album ke-2 ini mencapai 60.000 unit.
  • Album ke-3 dirilis tahun 1995 dengan tajuk Diammu Gunung Berapi. Album ini dalam label BMG Music. Penjualan pada album ini mencapai 80.000 Unit.
  • Album ke-4 dirilis tahun 1997 dengan tajuk Jangan Gentar. Album ini dalam label BMG Music. Penjualan pada album ini mencapai 40.000 Unit
  • Album ke-5 dirilis tahun Oktober 1998 dengan tajuk mutan. Album ini dalam label BMG Music. Penjualan dalam album ini 40.000 Unit
  • Album ke-6 di rilis pada tahun 2001 dengan tajuk Ada. Album ini dalam label NAR Records. Penjualan dalam album ini sedikit mengalami peningkatan yakni lebih dari 70 ribu unit. 
  • Album ke-7 dirilis 23 maret 2003 dengan tajuk seperti dulu. Album ini dalam label NAR Records. Penjualan pada album ini hanya mencapai 40.000 Unit saja.
  • Album ke-8 dirilis di tahun 2004 dengan tajuk Paragon. Album ini dalam label NAR Records. Dan Pada Album ke-9 dirilis di tahun 2007 dengan tajuk Hits Rakaman Semula dalam label Ada Exists Sdn Bhd.
Album Exists di Indonesia:
  • Album ke-1 dirilis sekitar tahun 1996 dengan judul Mencari Alasan. Album ini dalam naungan label BMG Music. Penjualan kaset di Album ini mencapai 750.000 Unit.
  • Album ke-2 dirilis di tahun 1997 dengan judul Buih Jadi Permaidani. Album ini dalam naungan label BMG Music. Penjualan kaset ini mencapai 600,000 Unit.
  • Album ke-3 dirilis di tahun 1999 dengan judul Dirantai Digelangi Rindu.Album ini masih dengan label BMG Music. Penjualan kaset mencapai 100,000 Unit.
  • Album ke-4 dirilis di tahun 2001 dengan judul The Best of Exists. Masih dalam label BMG Music.

Thanks for reading Sejarah Berdirinya Exist Band Malaysia

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar